10 Karakter Pemimpin Yang Baik & Sukses

Tips Menjadi Seorang Pemimpin - Motivator Leadership Indonesia

Sebuah karakter, basically adalah kunci utama untuk menjadi seorang leader yang sukses. Apalagi dalam dunia bisnis, dimana seorang leader dituntut untuk menjadi teladan bagi tim yang dipimpinnya. Seperti apa sajakah karakter yang wajib dimiliki oleh seorang Leader? Simak ulasannya berikut:

1. Seorang Leader Harus Jujur

Kejujuran adalah hal yang bisa saya katakan sangat penting dalam hal Leadership atau Kepemimpinan. Seorang leader yang baik diharuskan bisa berlaku jujur baik kepada tim yang dia pimpin ataupun kepada klien atas setiap keuntungan dan resiko yang menjadi konsekuensi.

Tips: berusahalah untuk selalu terbuka pada setiap situasio ataupun kondisi yang sedang dihadapi, hal ini akan mempererat relasi dengan mitra bisnis atau klien.

2. Seorang Leader Memiliki Pendirian Teguh

Sebagai seorang leader, pendirian teguh adalah sebuah keharusan. Apa yang telah menjadi keputusan telah dipikirkan dengan matang dan tidak mudah terpengaruh.

Tips: berusahalah untuk selalu dalam track sesuai dengan visi dan misi yang ada.

3. Seorang Leader Harus Proaktif

Proaktif! Apa yang saya maksud disini adalah sebuah sikap yang mandiri, kreatif, inisiatif dan bertanggungjawab.

Tips: kuasailah apa yang menjadi bidang pekerjaan dan terbukalah terhadap tugas-tugas baru yang diberikan kepada tim Anda

4. Seorang Leader Harus Komunikatif

Sebagai seorang pemimpin, skill komunikasi adalah salah satu hal yang wajib untuk dimiliki, baik dengan tim internal atau kepada klien.

Tips:

  1. Berusahalah untuk mendengar lebih banyak ketimbang berbicara
  2. Ajarkan cara memperlakukan orang lain dengan rasa hormat melalui tindakan kepada tim
  3. Perhatikan kendala dan kebutuhan yang mungkin timbul
  4. Komunikasikan dengan cara Brain Storming untuk melihat berbagai opsi yang timbul, sebelum membuat keputusan

5. Seorang Leader Harus Fleksibel

Jadilah seorang pemimpin yang tangguh dan fleksibel dalam segala kondisi, terutama dalam situasi dan kondisi yang kurang nyaman. Hal ini akan memicu kreatifitas untuk selalu lebih baik dari sebelumnya.

6. Seorang leader Harus Open-Minded

Berpikiran terbuka akan menjadikan leader bijak dalam mengambil setiap keputusan, mampu menerima masukan dan kritik demi kesuksesan bersama.

7. Seorang Leader Harus Cerdas & Percaya Diri

Cerdas is a must! Karena pengetahuan dalah sumber kekuatan bagi seorang Leader. Seorang leader haruslah memiliki wawasan yang luas dan mampu menjadi akses akan setiap hal yang terkait dengan pekerjaan yang ditekuni.

Percaya Diri is another must! Yakinlah akan setiap langkah yang diambil, termasuk dengan keputusan yang dibuat tanpa mengesampingkan faktor resiko yang mungkin muncul.

8. Seoarang Leader Harus Memiliki Antusias

Semangat tinggi dan memiliki antusias dalam pekerjaan adalah salah satu faktor yang harus ada dalam diri seorang leader. Karena jika tidak, maka dia tidak akan bisa memotivasi tim untuk searah dan sejalan dengan visi misi perusahaan termasuk dalam hal mencapai kesepakatan dengan klien.

9. Seorang Leader Harus Memiliki Standar Evaluasi

Review atau evaluasi adalah faktor penting dalam setiap bisnis atau pekerjaan yang dijalankan.

Tips: jangan takut melakukan perubahan rencana dari setiap evaluasi yang ada, karena semakin sering evaluasi itu ada, akan membuat didri Anda lebih telita, terpercaya dan well-organized!

10. Seorang Leader Harus Bisa Mengapresiasi

Hargai kerja keras karyawan atau tim yang Anda pimpin. Berikan reward yang sepantasnya untuk setiap pencapaian, sesuai dengan kebutuhan.

Kata Mutiara Arvan Pradiansyah Bersyukur

Arvan Pradiansyah

Grand Slipi Tower, 36 B Floor
Jl. S. Parman Kav. 22-24 RT 1 / RW 4,
Palmerah, Jakarta 11480 – Indonesia

Telephone: (+62-21) 290 22045

Inspirasi
Buku

Happiness At Work

October 28, 2017

Life is Beautiful 2

October 28, 2017

Happiness Cafe

October 26, 2017

Produk

CD Audiobook Commitment

October 14, 2017

Videos

Happiness For Leaders

October 13, 2017

When Buyers Say No

October 13, 2017