5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan - Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Seorang leader diharapkan mampu untuk mengenali karakter-karakter setiap anggotanya, terlebih dalam sebuah perusahaan. Karena basically, karyawan adalah salah satu faktor penting yang akan membantu perusahaan mencapai goal atau visi dan misinya.

Komunikasi yang baik antar lini harus ada agar kinerja terjalin dengan baik. Selain komunikasi, motivasi atau dukungan juga selayaknyalah diberikan secara konsisten. Hal ini juga bisa menjadi salah satu alat ukur atau pantauan untuk mengukur kinerja karyawan.

Berikut dibawah 5 cara yang bisa dilakukan oleh seorang Leader untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan:

1. Kenali Karakter Karyawan

Setiap karyawan pastilah memiliki karakter sendiri-sendiri. Atau lebih sederhananya, memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai seorang leader, mengenali karakter masing-masing karyawan terbukti cukup ampuh untuk mengoptimalkan kinerjanya dengan cara membantu karyawan untuk setiap kesulitan dan memberi penugasan atau job description sesuai dengan talenta yang dimilikinya.

2. Pemberian Reward untuk Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Reward atau Penghargaan adalah salah satu cara yang cukup jitu untuk meningkatkan kinerja karyawan yang melemah. Berikalah reward bagi mereka yang berprestasi, atau memiliki kinerja sesuai standar yang telah ditetapkan. Bisa dalam wujud finasial atau bonus (hadiah).

3. Komunikasikan Segala Sesuatu dengan Baik

Personal approach – pendekatan secara personal juga perlu dilakukan oleh seorang leader yang baik. Hal ini akan membuat penugasan dan kerjasama untuk mengoptimalkan kinerja lebih mudah dan terarah.

4. Refreshing Activities

Buatlah schedule atau jadwal untuk melepas kepenatan kerja secara berkala melalui kegiatan-kegiatan refreshing. Kegiatan ini cukup efektif untuk membangun komunikasi, baik komunikasi antar karyawan atau pemimpin dengan karyawan. Percayalah, ini akan meningkatkan kinerja yang cukup signifikan.

5. Berikan Training Secara Berkala

Jenuh dan bosan adalah hal yang biasa terjadi ditengah tuntutan kerja. Jika sebagai seorang leader konidis ini didiamkan saja, akan membwa dampak yang kurang baik bagi karyawan terutama dalam hal kinerja. Fasilitasi mereka dengan pelatihan-pelatihan khusus untuk mengoptimalkan semangat dan kinerja sesuai dengan kebutuhan.

Motivator Leadership Indonesia

Diatas telah dipaparrkan 5 cara yang cukup ampuh untuk memotivasi kinerja karyawan. Terkait dengan poin terakhir, silakan menghubungi kami jika ingin lebih detail tahu tentang pelatihan-pelatihan yang ada di Intitute Leadership dan Life Management terkait dengan pelatihan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Kata Mutiara Arvan Pradiansyah Bersyukur

Arvan Pradiansyah

Grand Slipi Tower, 36 B Floor
Jl. S. Parman Kav. 22-24 RT 1 / RW 4,
Palmerah, Jakarta 11480 – Indonesia

Telephone: (+62-21) 290 22045

Inspirasi
Buku

Happiness At Work

October 28, 2017

Life is Beautiful 2

October 28, 2017

Happiness Cafe

October 26, 2017

Produk

CD Audiobook Commitment

October 14, 2017

Videos

Happiness For Leaders

October 13, 2017

When Buyers Say No

October 13, 2017