5 Tipe Kepemimpinan Menurut Para Ahli

5 Tipe Kepemimpinan Menurut Para Ahli - Arvan Pradiansyah Motivator Leadership Indonesia

Dalam sebuah organisasi, divisi, perusahaan atau lebih luasnya “perkumpulan”, pastilah ada salah seorang yang didaulat, diberi mandat untuk menjadi seorang Leader atau Pemimpin. Dengan tugas yang tak lain adalah mengarahkan anggota yang dipimpinnya untuk bekerja sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan dengan gaya kepemimpinan yang tepat, untuk menjaga keharmonisan sebua tim atau divisi.

Seperti apa saja sih Tipe-tipe Kepemimpinan itu? Nah, sebenarnya banyak sekali tipe kepemimpinan, akan tetapi berikut telah kita siapkan 5 Tipe Kepemimpinan yang faktual ada di sekitar kita.

Tipe – Tipe Kepemimpinan

1. Tipe Kepemimpinan Otoriter (Otokratis)

Tipe kepemimpinan ini bisa dilihat dari pemimpin yang menganggap bahwa organisasi atau tim yang dipimpin adalah “milik dia secara mutlak.” Anggota yang dipimpinnya biasanya dianggap sebagai sebuah alat untuk mencapai goal yang telah ditetapkan olehnya.

2. Tipe Kepemimpinan Militeristis

Pada sebuah organisasi atau perusahaan yang memerlukan kedisiplinan tingkat tinggi, biasanya tipe kepemimpinan ini banyak digunakan. Leader atau pemimpin akan menggunakan perintah untuk mengarahkan anggota-anggota yang dipimpinnya.

Apakah ini akan menjadikan pemipin tersebut kurang luwes dan susah menerima kritik atau masukan? Well, so far seperti itu yang terjadi.

3. Tipe Kepemimpinan Karismatik

Tidak banyak pemimpin yang karismatik. Dan, terus terang pemimpin yang memiliki tipe kepemimpinan karimastik ini kalau boleh dikatakan adalah sebuah GIFT dari Tuhan. Tipe pemimpin karimastik ini akan memudahkan dalam segala hal.

Karena memiliki pembawaan yang menarik, tipe kepemimpinan seperti ini biasanya memiliki nanggota dalam jumlah diatas rata-rata karena keteguhan, inspirasi dan keberanian untuk membuat keputusan pun menjaga keharmonisan antar anggotanya.

4. Tipe Kepemimpinan Paternalistis

Bagi Anda yang tidak mudah percaya dengan orang lain, tipe kepemimpinan paternalistis ini pastilah sangat cocok. Plusnya, Anda berusaha sekeras mungkin untuk melindungi anggota tim atau divisi Anda. Minusnya, anggota tim atau divisi cenderung akan pasif dan kurang berkembang karena pastilah jarang diminta pendapat dan sarannya.

5. Tipe Kepemimpinan Demokratis

Tipe kepemimpinan ini adalah tipe kepemimpinan yang paling banyak disukai dan diharapkan ada di dalam sebuah tim. Salah satu ciri khas nya adalah rasa saling hormat dan menghargai baik antar anggota ataupun leader ke anggota tim. Pemimpin terbuka untuk setiap kritik dan masukan dari para anggotanya, dan mendorong anggotanya untuk berkembang lebih baik dari sebelumnya demi terwujudnya tujuan, visi dan misi yang telah menjadi ketetapan.

Tipe Kepemimpinan Mana Yang Anda Pilih?

Well, diatas sudah terpapar beberapa tipe kepemimpinan yang faktual terjadi di sekeliling kita. Satu hal yang harus kita garis bawahi disini, jadilah diri Anda sendiri dalam hal apapun, termasuk dalam hal Kepemimpinan. Ijinkan anggota tim, divisi, organisasi, perusahaan Anda untuk lebih mengenal Anda. Ini akan sangat sangat memudahkan kerjasama yang memang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Kata Mutiara Arvan Pradiansyah Bersyukur

Arvan Pradiansyah

Grand Slipi Tower, 36 B Floor
Jl. S. Parman Kav. 22-24 RT 1 / RW 4,
Palmerah, Jakarta 11480 – Indonesia

Telephone: (+62-21) 290 22045

Inspirasi
Buku

Happiness At Work

October 28, 2017

Life is Beautiful 2

October 28, 2017

Happiness Cafe

October 26, 2017

Produk

CD Audiobook Commitment

October 14, 2017

Videos

Happiness For Leaders

October 13, 2017

When Buyers Say No

October 13, 2017