7 Cara Bahagia di Tempat Kerja

7 Cara Bahagia di Tempat Kerja - Motivator Leadership Indonesia

Bagi beberapa diantara kita, bekerja di perusahaan yang penuh dengan tantangan dan kompetisi terkadang membuat stres, banyak pikiran. Bahkan tak jarang kondisi tersebut seolah-olah membuat kita ciut nyali, merasa kurang nyaman dan ingin resign dari pekerjaan kita. Akan berbeda apabila pekerjaan yang menjadi mata pencaharian kita tersebut bisa kita jalani dengan hati senang, pastilah lancar dari hulu ke hilir.

Nah, apa saja sih yang harus kita perhatikan untuk membuat diri kita merasa bahagia dengan pekerjaan kita? Berikut daftarnya!

1. Always Be Yourself!

Yup, jadilah diri sendiri dan berusahalah untuk melakukan adaptasi dengan lingkungan kerja kita. Kurang ok bukan kalau hanya karena pekerjaan terus kita harus berakting menjadi orang lain?!

2. Jangan Memaksakan Diri

Di dunia kerja, kerja keras memang perlu diterapkan. Akan tetapi bukan berarti terus lupa istirahat karena pekerjaan. Dari apa yang terjadi di lapangan, hal tersebut malah membuat kita kontra-produktif.

So, aturlah waktu dengan sehingga ketika tiba waktu istirahat, kita bisa menikmati istirahat dengan tenang, berkualitas. Bahkan, apabila perlu, mulailah memberikan penghargaan kecil kepada diri kita sendiri karena menurut studi yang dilakukan oleh Cornel, penghargaan kecil kepada diri kita sendiri terbut mamapu mebuat kita menjadadi pribadi yang ramah, murah hati dan penuh kebahagiaan.

3. Gosip = NO!

To be honest, hindarilah atau jangan pernah bergosip dimanapun, terlebih di dunia kerja kita. Mungkin ajakan bergosip tidak dari kita sendiri, melainkan dari teman di lingkungan kita kerja, akan tetapi sebisa mungkin usahakanlah untuk menghindarinya.

4. Tidak Perlu Membandingkan Diri Kita dengan Orang Lain

Berbicara tentang kinerja, saya yakin pastilah berbeda-beda. Hal yang perlu diingat adalah jangan membandingkan diri kita dengan orang lain, karena ada kemungkinan hal tersebut akan menghambat diri kita sendiri. Just do what you have to do and be confident!

5. Saling Membantu dengan Teman Kerja

Luangkanlah waktu sejenak untuk membantu teman kerja kita yang membutuhkan bantuan. Sebuah studi di Harvad University menemukan bahwa membantu teman kerja akan membuat kita 10 kali lebih fokus dalam hal pekerjaan dan memiliki 40% kemungkinan untuk lebih cepat naik jabatan.

6. Tata Ruang Kerja Kita

Pernah merasa lelah dengan pekerjaan kita? Its okay! Kita semua tentu pernah berada di kondisi tersebut, kondisi lelah dan kurang semangat. Sedikit tips yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan semangat kita adalah menata ruang kerja kita sebaik mungkin. Sebagai contoh dengan menempelkan/menaruh bingkai foto yang orang yang kita sayangi atau sesuatu yang menjadi goal kita.

Satu hal yang pasti, buat lah ruang kerja atau meja kerja kita well-organized! Itu akan sangat membantu, trust me!

7. Jaga Jarak Dengan Orang Yang Negatif

Dimana pun, di setiap kondisi apapun, orang negatif pastilah ada dan lambat laun kita pasti menemukannya. Termasuk di lingkungan tempat kita kerja. Bukan membeda-bedakan, akan tetapi ada baiknya kita menjaga jarak dengan orang-orang negatif yang ada di sekitar kita.

Kata Mutiara Arvan Pradiansyah Bersyukur

Arvan Pradiansyah

Grand Slipi Tower, 36 B Floor
Jl. S. Parman Kav. 22-24 RT 1 / RW 4,
Palmerah, Jakarta 11480 – Indonesia

Telephone: (+62-21) 290 22045

Inspirasi
Buku

Happiness At Work

October 28, 2017

Life is Beautiful 2

October 28, 2017

Happiness Cafe

October 26, 2017

Produk

CD Audiobook Commitment

October 14, 2017

Videos

Happiness For Leaders

October 13, 2017

When Buyers Say No

October 13, 2017