5 Langkah Cara Menghilangkan Stress karena Masalah Keluarga

Cara Menghilangkan Stress karena Masalah Keluarga
Cara Menghilangkan Stress karena Masalah Keluarga dengan memperhatikan faktor penyebabnya, baik internal maupun eksternal.

Lingkungan terdekat seseorang bukanlah tempat kerja melainkan keluarga. Seseorang bisa saja bersahabat dengan banyak orang di kantor, namun dalam kesehariannya, mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua, pasangan dan anak-anak. Keluarga adalah harta yang tak ternilai dan merupakan sumber ketentraman hidup. Tanpa keluarga, jiwa seseorang separuh kosong.

Namun demikian, ada juga orang yang merasakan justru keluarga adalah sumber masalah. Ini membuat mereka mencari ketenangan di luar rumah. Ini banyak terjadi dalam masyarakat kita sehingga tak sedikit terjadi kasus-kasus seperti perselingkuhan, anak terkena narkoba, yang bersumber dari ketidakharmonisan dalam keluarga.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bahagia atau sedang stress dalam kehidupan keluarga, maka Anda perlu mengenali cara menghilangkan stress karena masalah keluarga.

5 Langkah Cara Menghilangkan Stress karena Masalah Keluarga

Pertama, kita harus petakan dulu apa penyebab stress di dalam keluarga, apakah faktor internal, atau eksternal. Faktor internal misalnya ada anggota keluarga yang setiap hari membawa masalah,  dan orang tersebut tinggal satu rumah.

Yang bersangkutan tidak mesti anggota keluarga inti seperti pasangan, orang tua atau mertua, tapi bisa seperti saudara ipar, paman, bibi, atau sepupu. Mereka misalnya saja dikejar-kejar hutang oleh pihak bank dan debt collector yang menagih dengan kasar di rumah kita yang kita sendiri tak tahu apa penyebabnya.

Di sinilah pentingnya memetakan sumber yang membuat kita stress, sehingga kita paham langkah awal cara menghilangkan stress karena masalah keluarga.

Kedua, setelah tahu masalahnya, langkah berikutnya adalah membicarakannya dengan sumber masalah. Bisa jadi, sumber masalah itu tidak tahu kalau ia sedang bermasalah. Mungkin ia tidak menganggap bahwa dirinya membawa masalah bagi keluarga.

Untuk itu kita harus menyampaikan kepadanya bahwa perbuatannya merugikan keluarga besar dan membuat stress. Kalau orang tersebut sadar dan berjanji tak akan mengulanginya, maka ini cara menghilangkan stress karena masalah keluarga yang cukup efektif.

Bagaimana jika orang tersebut tidak sadar dan tetap mengulangi perbuatan buruknya? Bila itu terjadi, kita perlu melakukan langkah ketiga, memahami  apa yang menyebabkan ia melakukan hal itu. Misalnya terkait hutang bank, di mana pihak bank menagih ke rumah kita. Jika hutang tersebut disebabkan karena kebutuhan hidup, maka keluarga harus bisa membantunya.

Namun jika untuk gaya hidup, maka orang tersebut harus bertanggung jawab sendiri dan keluar dari rumah agar anggota keluarga lain tidak terganggu dengan tekanan penagih hutang. Ini mungkin terdengar ekstrim, namun ini bisa menyadarkan yang bersangkutan agar mau bertanggung jawab dan tidak mengulangi perbuatannya.

Keempat, tidak semua masalah keluarga disebabkan oleh individu di dalam keluarga, bisa juga ini disebabkan pihak luar. Terjadinya perselingkuhan yang berakibat terganggunya keharmonisan keluarga adalah salah satu contohnya.

Kasus seperti ini tentu harus melibatkan keluarga besar jika perselingkuhan tersebut semakin menjadi-jadi. Ini tidak saja membuat stress bagi pasangan hidup korban selingkuh, tapi juga anak-anak dan bahkan orang tua dan mertua. Untuk itu kita harus segera memutus rantai perselingkuhan ini.

Kelima, jika masalah tersebut disebabkan pikiran kita sendiri, maka ini jauh lebih mudah. Dalam hal ini sudah jelas bahwa yang bermasalah adalah pikiran kita sendiri. Boleh jadi kita suka menganggap masalah kecil sebagai masalah besar sehingga kita stress.

Sebagai contoh, bila anak kita suka bermain game di handphone. Memang jika perilaku ini terus berlanjut akan menimbulkan masalah yang serius, namun jika hanya sesekali terjadi, tentu tak perlu dianggap sebagai masalah besar yang membuat stress. Mengelola cara berpikir adalah cara efektif menghilangkan stress karena masalah keluarga.

Sebenarnya kita bisa merasakan suasana bahagia di hati meskipun sedang menghadapi stress di rumah. Caranya adalah dengan melatih diri Anda untuk selalu bahagia di setiap suasana, meskipun dalam keadaan stress. Karena sebenarnya sumber bahagia itu ada pada diri kita sendiri.

Jika Anda belum bisa melatih diri sendiri untuk bahagia di kala stress, Anda membutuhkan sosok Motivator yang berpengalaman membimbing banyak orang untuk merasa bahagia tanpa syarat.

Arvan Pradiansyah adalah seorang Motivator Nasional yang telah berpengalaman membantu banyak klien yang ingin hidup bahagia tanpa terganggu oleh tekanan atau stress hidup. Karena rasa bahagia bisa dicapai tanpa syarat.

Beliau adalah seorang Motivator Nasional, CEO ILM, dan penulis 11 buku best seller, salah satunya “The 7 Laws Of Happiness” yang menjadi satu-satunya buku motivasi dari Indonesia di Frankfurt Book Fair, Jerman sejak 2014. Selama lebih dari 20 tahun Arvan telah melayani lebih dari 400 perusahaan & organisasi bisnis di Indonesia untuk mengembangkan para pemimpin, menemukan makna kerja dan bekerja dengan bahagia.

Untuk menciptakan kebahagiaan yang sangat penting bagi hidup kita, ikuti talkshow “Smart Happiness” dari Arvan Pradiansyah setiap Jumat pagi jam 7-8 WIB di Radio Smart FM Network.

 

————————————–

Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional – Leadership & Happiness akan menuntun Anda menjadi orang yang selalu bahagia dengan memberdayakan 7 asupan makanan bergizi dengan kekuatan pikiran secara sistematis (seperti terangkum dalam buku “The 7 Laws of Happiness”). Anda akan belajar memfokuskan pikiran positif secara berulang & menolak pikiran negatif untuk masuk.

Pelatihan Happiness ini cocok untuk Anda secara pribadi, keluarga, ataupun anggota Tim Perusahaan yang ingin bangkit-kompak menghadapi musibah Pandemi ini dengan rasa bahagia. Jika Anda sebagai Manager atau Pimpinan Perusahaan, maka pelatihan ini bia menjadi energi pendobrak supaya pikiran Anda dan tim selalu positif untuk bekerja mencapai target.

 

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiring– menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simple – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & mengubah paradigma.

Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Hap piness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi Pelatihan terkini tentang “Leadership dan Happiness” dari Motivator terbaik Indonesia (Arvan Pradiansyah), Anda bisa menghubungi Tim ILM pada Kontak WA berikut :
0812-12345-949.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang