Cara Menikmati Hidup Bahagia dan Penuh Keindahan

Cara menikmati hidup bahagia – Semua orang di dunia ini mendambakan kebahagian hidup. Sebagian menganggap kebahagian bisa dicapai dengan cara mendapatkan materi yang banyak.

Sebagian lagi merasa akan bahagia jika naik jabatan atau dapat pekerjaan yang dinilai eksklusif. Jika tujuan materi dan jabatan tersebut belum tercapai, maka rasa bahagia tidak akan pernah mereka dapatkan.

cara menikmati hidup bahagia

Lalu, bagaimana sesungguhnya cara menikmati hidup bahagia dan penuh keindahan ini?

Hidup itu indah loh!

Pernyataan ini bukanlah slogan yang dibuat-buat sekedar menghibur diri Anda. Hidup yang indah adalah suatu kenyataan.

Namun keindahan hidup itu tidaklah tergantung dari apa yang kita miliki. Keindahan hidup tergantung dari cara kita melihat, dari jendela yang kita gunakan untuk melihat dunia.

Kalau kita melihat dari jendela-jendela keindahan, hidup akan terlihat indah. Sebaliknya kalau jendela kita kotor dan coreng moreng, hidup pun akan terlihat kotor dan coreng moreng.

Cara Menikmati Hidup Bahagia dengan Jendela Penuh Keindahan

Kunci kebahagian hidup ada di dalam, bukannya di luar. Ada satu pernyataan Stephen Covey yang sangat terkenal “if you think the problem is out there, that very thought is a problem.” Kalau Anda merasa masalahnya ada di luar sana, pikiran itu sendirilah masalahnya.

Kebahagian itu sendiri sebenarnya adalah sesuatu yang tidak membutuhkan syarat apapun juga, karena ia bersumber pada sesuatu yang ada di dalam.

Bagaimana dengan hidup Anda sendiri? Apakah Anda merasa bahagia atau tidak?

Kalau jawabannya tidak, Saya akan menunjukkan kiat yang sangat sederhana dan dapat Anda praktikkan saat ini juga : Bersihkan jendela Anda, rubahlah cara Anda memandang kehidupan ini.

Untuk itu, ada beberapa paradigma dan cara memandang hidup yang perlu Anda pertimbangkan.

  • Pertama, Anda harus Merubah Cara Pandang Anda terhadap Masalah

Cara menikmati hidup bahagia bisa dengan cara memandang lain terhadap masalah. Kalau biasanya Anda mengeluh setiap berhadapan dengan masalah, kini Anda justru harus bersyukur. Masalah itu menunjukkan Anda benar-benar hidup!

Jangan memandang masalah sebagai suatu bencana dan hambatan. Masalah justru adalah suatu peluang untuk maju dan berkembang. Masalah yang pelik akan membuat otak kita berpikir keras mencari solusi yang kreatif.

Masalah akan membuat kita mengerahkan segenap daya dan kemampuan kita untuk menyelesaikannya. Dan kalau kita menjalani prosesnya dengan benar, kita akan mendapatkan kenikmatan hidup begitu kita dapat menyelesaikan masalahnya.

Kuncinya, hadapi setiap masalah dengan tenang! Pandanglah itu sebagai kesempatan berharga untuk tumbuh. Orang yang tidak pernah berpikir keras tidak akan menjadi orang yang tangguh dan kreatif.

David Brinkley, seorang jurnalis senior dan komentator televisi terkemuka di Amerika Serikat pernah mengatakan, “orang sukses adalah orang yang dapat membangun pondasi dari batu-batu yang dilemparkan oleh orang lain kepadanya.”

  • Kedua, Anda juga harus sadar bahwa kebanyakan masalah yang kita hadapi sebenarnya hanyalah masalah kecil saja

Masalah-masalah ini seringkali membuat kita pusing, sedih dan gelisah. Padahal setahun dari sekarangpun kita tak akan pernah mengingatnya lagi. Hanya segelintir masalahlah yang merupakan masalah besar yang perlu benar-benar kita perhatikan.

  • Ketiga, untuk bisa mengetahui mana persoalan besar dan mana persoalan kecil dalam hidup kita, Anda harus meluangkan waktu untuk berpikir & menemukan “Apa yang Paling Penting”.

Ini penting sekali, karena sebelum Anda dapat menemukannya, segala sesuatu akan tampak penting. Sebuah masalah kecilpun dapat membuat kita “kebakaran jenggot”.

Karena itu tugas terpenting dalam hidup adalah menemukan apa yang paling penting. Dengan demikian, semuanya akan tampak sederhana. Hidup adalah sederhana ketika kita mengetahui apa yang penting.

  • Keempat, kita perlu merubah pandangan kita mengenai target dan hasil. Urusan hasil adalah urusan Tuhan. Yang bisa kita lakukan sebagai manusia hanyalah berusaha dengan sekuat tenaga.

Usaha ada di dalam kontrol kita, sementara hasil sepenuhnya berada di dalam kekuasaan Tuhan. Karena itu yang perlu kita pikirkan adalah usaha maksimal. Memikirkan mengenai hasil hanyalah akan membuat kita stress dan tertekan, karena semua itu berada di luar kontrol kita.

Dengan demikian, Anda akan memiliki pandangan yang baru terhadap kesuksesan. Sukses berarti mengerjakan yang terbaik yang dapat kita kerjakan. Sukses terletak dalam kerja, bukan dalam perolehan. Sukses terletak dalam usaha, bukan dalam kemenangan.

  • Kelima, Anda juga perlu merubah cara pandang Anda mengenai efektivitas dan efisiensi.

Banyak orang yang mengartikan efektivitas dan efisiensi dengan melakukan berbagai tugas sekaigus. Padahal untuk bisa menikmati hidup, Anda justru harus melakukan tugas Anda satu demi satu.

Melakukan tugas satu demi satu akan membuat Anda berada dalam kondisi sadar sepenuhnya. Kesadaran adalah kunci menikmati hidup. Hidup yang nikmat adalah hidup yang dijalani dengan penuh kesadaran, dari waktu ke waktu dan dari detik ke detik.

Dengan demikian, setiap tarikan nafas yang kita lakukan akan terasa begitu real dan begitu indah. Hidup yang indah bukanlah hidup yang dijalani dengan penuh ketergesa-gesaan.

Hidup yang indah bukanlah dilakukan dengan melakukan berbagai macam pekerjaan sekaligus demi menghemat waktu. Hidup yang indah adalah melakukan pekerjaan satu per satu sambil mencurahkan seluruh kesadaran kita untuk masuk ke dalam apapun yang sedang kita lakukan.

Cara Menikmati Hidup Bahagia Dari Sang Motivator Indonesia

Seminar cara menikmati hidup bahagia

Arvan Pradiansyah, Motivator Leadership & Happiness akan menuntun Anda menjadi orang yang selalu bahagia dengan memberdayakan 7 asupan makanan bergizi dengan kekuatan pikiran secara sistematis (seperti terangkum dalam bukunya “The 7 Laws of Happiness”).

Anda akan belajar memfokuskan pikiran positif secara berulang & menolak pikiran negatif supaya tidak masuk.

Pelatihan Happiness ini cocok untuk Anda secara pribadi, keluarga, ataupun anggota Tim Perusahaan yang ingin bangkit-kompak menghadapi musibah Pandemi ini dengan rasa bahagia.

Jika Anda sebagai Manager atau Pimpinan Perusahaan, maka pelatihan ini bisa menjadi energi pendobrak supaya pikiran Tim selalu positif untuk bekerja mencapai target.

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiratif – menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simpel – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & merubah paradigma.

Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Happiness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi Pelatihan Cara Menikmati Hidup Bahagia lebih lanjut dari Motivator terbaik Indonesia (Arvan Pradiansyah), Anda bisa menghubungi Tim ILM pada Kontak WA berikut : 0812-1234-5949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang