Cara Meredakan Emosi Marah pada Orang Lain

cara meredakan emosi marah
Cara meredakan emosi marah pada orang lain.

Manusia terlahir dengan membawa software yang dikenal sebagai emosi. Tuhan menciptakan emosi agar hidup manusia menjadi lebih berwarna. Emosi bahagia, sedih, marah, kesal, gembira, adalah default dalam diri manusia. Semua emosi, selama digunakan dengan proporsional, tentu tidak menjadi masalah. Kesedihan ditinggal orang tercinta, selama tidak berlarut-larut dan membuat malas kerja, tentu masih bisa ditolerir.

Tidak mungkin seseorang malah bergembira ketika ditinggal orang yang ia cintai. Sedih adalah emosi yang wajar dan manusiawi. Begitu juga dengan marah, selama masih berada di koridor yang tepat, marah tentunya boleh-boleh saja. Namun bila kemarahan itu merusak bukan hanya fisik tapi juga psikologis orang lain, maka hal ini perlu diperbaiki. Cara meredakan emosi marah memang perlu latihan dan terapi. Meredakan emosi marah benar-benar membutuhkan komitmen.

Cara Meredakan Emosi Marah dengan Berbagai Teknik

Apa saja yang membuat seseorang itu marah? Ada banyak faktor. Misalnya, merasa diperlakukan tidak adil. Kita sudah bekerja maksimal, namun yang diberi kredit justru kolega yang kerjanya lebih banyak santai. Situasi ini bisa menimbulkan rasa marah yang terpendam.

Contoh lain adalah ketika seseorang tidak mendapatkan haknya. Seorang karyawan merasa berhak mendapatkan bonus perusahaan sesuai dengan perjanjian kerja, namun oleh manajemen ditahan dengan alasan yang tidak masuk akal.

Adanya demonstrasi buruh, mogok kerja, tuntutan hukum atas pemecatan, adalah beberapa contoh dari  kasus-kasus kemarahan karyawan terhadap perusahaan karena merasa haknya tidak dipenuhi. Maka kita sesungguhnya perlu berlatih cara meredakan emosi agar kemarahan-kemarahan ini — apapun penyebabnya — bisa dikendalikan dan diarahkan menjadi sesuatu yang produktif.

Salah satu cara untuk mengelola emosi marah adalah dengan merubah posisi fisik. Misalnya, ketika amarah memuncak dan kita sedang dalam posisi berdiri, maka segeralah duduk. Atau ketika marah terjadi saat duduk, maka cobalah berbaring. Hal ini membantu menurunkan tensi kemarahan, setidaknya agar energinya bisa dikendalikan.

Mengkondisikan fisik tubuh kita adalah cara meredakan emosi marah yang sangat dianjurkan karena kita “memaksa” rasa marah itu untuk menyesuaikan diri terhadap posisi  tubuh.

Namun bagaimana jika kondisinya tidak memungkinkan untuk duduk atau berbaring, misalnya, kemarahan  muncul ketika kita sedang menyetir mobil? Dalam hal ini kita harus menggunakan cara lain.

Cara meredakan emosi marah yang bisa diterapkan adalah dengan berzikir atau mengingat nama Tuhan sesuai dengan ajaran agama kita masing-masing. Hal ini bisa sangat membantu meredakan emosi.

Terapi dengan ajaran agama adalah cara yang cukup ampuh untuk membangun emosi yang stabil. Semakin dekat seseorang dengan ajaran agamanya, semakin mampu pula ia untuk mengelola emosinya di saat-saat sulit.

Ada hubungan yang sangat kuat antara spiritualitas seseorang dengan kestabilan emosi. Sebaliknya, semakin jauh seseorang dari agama, maka emosinya akan cenderung meledak-ledak, ekstrim dan naik turun tidak beraturan. Bila ia marah maka akan marah sekali, dan kalau senang akan senang sekali.

Orang yang menjaga spiritualitasnya tidak akan mencapai titik ekstrim semacam itu.

Workshop cara meredam amarah
Workshop Cara Mengelola Amarah (Anger Management) by Arvan Pradiansyah.

Workshop Anger Management dari ILM (Arvan Pradiansyah)

Bagaimana cara meredakan emosi seseorang yang sudah memiliki sifat marah yang akut? Kita bisa menggunakan terapi bawah sadar atau hipnoterapi. Anda juga bisa mengikuti Pelatihan Anger Management untuk mengelola kemarahan akut ini. Dalam pelatihan ini, Anda akan dilatih mengelola emosi marah agar menjadi lebih produktif dan bukan destruktif.

Arvan Pradiansyah adalah seorang motivator nasional, CEO ILM, dan penulis 11 buku best seller yang salah satunya “The 7 Laws Of Happiness” yang menjadi satu-satunya buku motivasi dari Indonesia di Frankfurt Book Fair, Jerman sejak 2014. Selama lebih dari 20 tahun Arvan telah melayani lebih dari 400 perusahaan besar di Indonesia untuk mengembangkan para pemimpin, menemukan makna kerja dan bekerja dengan bahagia.

Saksikan juga jadwal Talkshow Smart Hppiness bersama Arvan Pradiansyah setiap Jumat pagi pukul 07.00 WIB di Radio Smart FM Network.

Ikuti pula Workshop Anger Management dari Arvan Pradiansyah, sebuah workshop untuk mengubah amarah menjadi hal produktif, dirancang untuk menjawab segala sesuatu yang terkait dengan  “Amarah” mulai dari mengenal anatominya serta cara menyalurkan, dan mengelolanya.

————————————–

Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional – Leadership & Hapiness akan menuntun Anda menjadi orang yang selalu bahagia dengan memberdayakan 7 asupan makanan bergizi dengan kekuatan pikiran secara sistematis (seperti terangkum dalam buku “The 7 Laws of Happiness”).

Anda akan belajar memfokuskan pikiran positif secara berulang-ulang dan menolak pikiran negatif masuk.

Pelatihan Happiness ini cocok untuk Anda secara pribadi, keluarga, ataupun anggota tim perusahaan yang ingin bangkit-kompak menghadapi musibah pandemi ini dengan rasa bahagia. Jika Anda sebagai Manajer atau Pimpinan Perusahaan, maka pelatihan ini bisa menjadi energi pendobrak supaya pikiran anggota tim Anda selalu positif untuk bekerja dengan maksimal guna mencapai target.

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiring– menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simple – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & mengubah paradigma.

 Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Happiness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi pelatihan terkini dalam bidang Leadership dan Happiness dari Motivator Terbaik Indonesia, Arvan Pradiansyah, Anda bisa menghubungi tim ILM pada Kontak WA berikut :  
0812-12345-949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× Hubungi Kami Sekarang