Cara Meningkatkan Human Capital Management Perusahaan

Human Capital Management

Dalam sebuah perusahaan, berinvestasi pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci utama agar bisnis terus tumbuh.

Perusahaan yang menempatkan karyawan sebagai “sapi perah” sudah tidak zamannya lagi. Menempatkan karyawan sebagai bagian dari beban kerja pun sudah dianggap keliru dalam ilmu manajemen modern.

Saat ini karyawan sudah diposisikan sebagai aset sebagaimana aset fisik yang memberikan profit. Meng-hire karyawan baru sudah tidak dianggap sebagai biaya (cost) tapi sebagai investasi. Tentu ini bukan dalam konteks laporan keuangan.

Human Capital Management (HCM) adalah pengelolaan SDM yang menekankan pada nilai ekonomis karyawan.

Alih-alih menganggap karyawan sebagai bagian dari fungsi administrasi tradisional, HCM justru mendorong manajemen untuk melibatkan karyawan secara lebih intens, lebih peka dan bahkan meningkatkan nilai bisnis mereka.

Karyawan bukan lagi dilihat  sebagai perangkat kerja tapi juga aset bisnis inti yang value-nya bisa dimaksimalkan melalui berbagai pelatihan, sesi motivasi dan one-on-one coaching.

Manfaat Human Capital Management bagi Pertumbuhan Perusahaan

HCM sangat membantu dalam menopang pertumbuhan perusahaan, baik dari sisi profit, pangsa pasar maupun inovasi. Berikut beberapa manfaat HCM bagi sebuah organisasi bisnis:

  1. Meningkatkan Return of Investment (ROI)

Perusahaan yang fokus pada pertumbuhan kualitas sumber daya manusia akan memberikan profit jangka panjang bagi bisnisnya. Sebab, berinvestasi pada karyawan dengan memberikan berbagai macam training secara tidak langsung akan mendorong karyawan meningkatkan produktifitasnya dan juga daya saingnya.

Di Singapura misalnya, setiap perusahaan akan mengalokasikan dana yang besar bagi pengembangan SDM, karena mereka menyadari bahwa Singapura tidak memiliki sumber daya alam.

Hasilnya, Singapura sukses menempati posisi pertama sebagai negara dengan daya saing terbaik di dunia oleh IDM World Competitiveness Rankings. Dengan demikian Singapura berhasil menggeser posisi Amerika dan Hong Kong.

  1. Meminimalkan Turn-Over karyawan

Pernahkah Anda berada dalam satu perusahaan, lalu ada kolega yang baru direkrut, dan kemudian keluar dari perusahaan tidak sampai satu bulan sejak ia diterima?

Di sebuah perusahaan konsultan di bilangan Jakarta Selatan, malah ada karyawan baru dengan posisi manager yang hanya bertahan satu minggu dan “menghilang” begitu saja. Apa penyebabnya? Tentu saja banyak variabel.

Namun salah satu penyebab tingginya karyawan yang keluar adalah tidak adanya kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dalam perusahaan tersebut.

Ini menjadi pekerjaan rumah bagi tim Human Capital Management untuk meminimalisasi turn-over karyawan yang tinggi.

  1. Meningkatkan kebanggaan karyawan pada perusahaannya

Banyak karyawan yang sangat bangga dengan tempat kerjanya, namun tidak sedikit juga yang merasa malu dengan perusahaan tempat ia bekerja.

Mengapa malu? Penyebabnya bisa berbagai macam, antara lain karena perusahaan tidak menerapkan kode etik dalam menjalankan usahanya.

Adanya HCM tentu bisa berfungsi sebagai edukator sekaligus fasilitator kepada karyawan untuk membangun rasa bangga terhadap perusahaan.

Karena rasa bangga itu muncul dari kesesuaian antara nilai-nilai perusahaan (corporate values) dengan nilai-nilai pribadi (personal values), serta kontribusi perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Training Human Capital Management Bersama Bpk Arvan Pradiansyah

Training Human Capital Management

Arvan Pradiansyah adalah seorang Konsultan Manajemen yang berpengalaman dalam memberikan training Human Capital Management kepada banyak klien.

Lebih dari 400 perusahaan di Indonesia telah memakai jasa Pak Arvan dalam bidang leadership, manajemen, dan happiness. Jam terbangnya yang sudah 20 tahun lebih sebagai seorang profesional menambah materi-materi pelatihannya semakin berbobot karena senantiasa diambil dari pengalamannya di lapangan.

Kepuasan dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasanya terbukti dari banyak undangan untuk mengisi training dengan tema di atas.

Banyak perusahaan yang kembali mengundangnya karena merasakan dampak positif bagi tim kerja mereka setelah mengikut pelatihan yang ia selenggarakan.

————————————–

Arvan Pradiansyah, Motivator Leadership & Happiness akan menuntun Anda menjadi orang yang selalu bahagia dengan memberdayakan 7 asupan makanan bergizi dengan kekuatan pikiran secara sistematis (seperti terangkum dalam bukunya “The 7 Laws of Happiness”).

Anda akan belajar memfokuskan pikiran positif secara berulang & menolak pikiran negatif supaya tidak masuk.

Pelatihan Happiness ini cocok untuk Anda secara pribadi, keluarga, ataupun anggota Tim Perusahaan yang ingin bangkit-kompak menghadapi musibah Pandemi ini dengan rasa bahagia.

Jika Anda sebagai Menejer atau Pimpinan Perusahaan, maka pelatihan ini bisa menjadi energi pendobrak supaya pikiran Tim selalu positif untuk bekerja mencapai target.

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiratif – menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simpel – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & merubah paradigma.

Topik Sesi Motivasi Leadership by Arvan Pradiansyah :

  1. YOU ARE A LEADER!
  2. Leadership 4.0
  3. Leading Millennials
  4. Character Building
  5. Leading Change
  6. Change Management
  7. Maximizing Your Performance
  8. Leaders Are Good Communicators
  9. On Becoming A Spiritual Leader
  10. Creating A Service Culture.

Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Happiness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi Pelatihan Human Capital Management (HCM) atau Pengelolaan SDM Perusahaan oleh Arvan Pradiansyah, Anda bisa menghubungi Tim ILM pada Kontak WA berikut : 0812-1234-5949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang