7 Langkah Menciptakan Rasa Bahagia di Tempat Kerja

cara mendapatkan rasa bahagia di tempat kerja

Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Bahagia tidak selalu berkaitan dengan keberlimpahan, popularitas, jabatan tinggi, pasangan hidup yang cantik atau tampan, atau anak-anak yang bisa mencapai pendidikan di luar negeri. Bahagia itu ada di hati, muncul di pikiran, terwujud dalam tindakan. Orang bahagia bukan karena faktor eksternal, melainkan karena faktor internal.

Demikian juga dengan orang yang tidak bahagia, bukan karena proyeknya tidak gol, bukan karena di-PHK dari tempat kerja, bukan juga karena gagal menjalin hubungan. Semua itu ada di hati dan pikiran, itulah letak dan kuncinya kebahagiaan.

Menciptakan rasa bahagia di tempat kerja pun konsepnya demikian. Perhatikanlah orang-orang yang mengeluh tentang pekerjaannya, padahal gajinya tinggi, jabatannya mentereng, fasilitasnya banyak, namun tetap saja mengeluh karena waktunya bersama keluarga lebih sedikit, tekanan atasan yang demikian kuat, bawahan yang sulit diatur dan sebagainya.

Hal ini senada dengan mereka yang berada di posisi bawah, keluhannya berbeda namun substansinya tetap sama: mereka tidak bahagia dengan pekerjaannya.

Lalu Bagaimana Cara Menciptakan Rasa Bahagia di Tempat Kerja?

*Langkah pertama adalah menetralisir suasana hati. Jaga benar-benar agar hati ini netral. Jika memang tidak mampu untuk mensyukuri pekerjaan, setidaknya jangan mengeluhkannya. Situasi memang tidak ideal tetapi  hindari  mencari hal-hal yang tidak enak di tempat kerja. Walaupun atasan galak, rekan kerja tidak kooperatif,  tetap usahakan tidak satu kata keluhan pun yang keluar dari mulut Anda.

*Langkah kedua adalah memetakan apa-apa yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Ini penting sekali untuk memahami mengapa kita tidak bahagia di tempat kerja. Selain atasan dan teman kerja, mungkin faktor lainnya bisa menjadi sebab seperti gaji yang tidak mencukupi kebutuhan, kantor yang jauh dari rumah, tidak adanya fasilitas tertentu dan lain sebagainya.

Setidaknya buatlah 10 daftar yang membuat Anda tidak nyaman. JIka tidak mampu, buatlah lima. Jika tidak mampu juga, buatlah satu alasan. Nanti Anda akan menemukan bahwa ternyata hal-hal yang negatif di tempat kerja itu jauh lebih sedikit daripada yang semula Anda perkirakan.

*Langkah ketiga dalam menciptakan rasa bahagia di tempat kerja adalah melakukan yang sebaliknya dari langkah kedua. Carilah sebanyak mungkin hal-hal  yang Anda sukai dari tempat kerja. Sama seperti daftar negatif, nanti Anda akan menemukan betapa banyaknya hal-hal yang menyenangkan di kantor yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

*Langkah keempat, mulailah buat pembobotan dari setiap daftar negatif yang sudah Anda buat. Misalnya, faktor atasan adalah yang paling tidak Anda sukai. Tulislah bobotnya dari 1 sampai 10 dengan 10 adalah yang paling berat. Demikian juga dengan poin-poin lainnya sehingga Anda jadi tahu harus mulai dari mana untuk menyelesaikan hal-hal yang tidak Anda sukai.

*Langkah kelima, mulailah bernegosiasi dengan faktor yang memiliki bobot yang paling berat. Misalnya, atasan berbobot 9 yang artinya benar-benar membuat Anda tidak nyaman. Mulailah berbicara dengannya, ungkapkan hal-hal apa yang membuat Anda kurang sreg. Atasan, seburuk apapun, biasanya akan mendengar keluhan bawahannya. Tentu jangan berharap setelah itu dia akan berubah 180 derajat. Setidaknya bobotnya bisa menurun menjadi 8 atau bahkan 5.

*Langkah keenam, buatlah bobot pada hal-hal yang menyenangkan. Dan usahakan bahwa Anda bisa meningkatkan bobotnya. Misalnya, gaji. Bekerjalah sebaik mungkin sehingga gaji Anda nanti bisa naik dan menambah bobot rasa bahagia di tempat kerja. Jika saat ini gaji Anda Rp. 5 juta/bulan misalnya, maka bekerjalah dengan lebih rajin & tingkatkan prestasi untuk perusahaan. Jika Anda sudah meningkatkan performa kerja & atasan melihat hasil kerja Anda bagus, maka terbuka peluang gaji Anda naik atau bonus Anda meningkat lebih banyak lagi.

Langkah ketujuh, berdoa. Ini mungkin juga jarang kita lakukan. Bahagia itu diciptakan oleh Tuhan ke dalam hati kita. Bahagia adalah anugerah-Nya, maka berdoalah selalu agar Tuhan selalu memberikan kita rasa bahagia di tempat kerja. Doa juga sebagai bentuk rasa syukur bahwa kita masih diberikan pekerjaan hingga saat ini. Jika kita banyak bersyukur, maka Insya Allah Tuhan akan menambah lagi nikmat-Nya untuk kita.

 

Arvan Pradiansyah adalah seorang motivator nasional, CEO ILM, dan penulis 11 buku best seller, salah satunya “The 7 Laws Of Happiness” yang menjadi satu-satunya buku motivasi dari Indonesia di Frankfurt Book Fair, Jerman sejak 2014. Selama lebih dari 20 tahun Arvan telah melayani lebih dari 400 perusahaan besar di Indonesia untuk mengembangkan para pemimpin, menemukan makna kerja dan bekerja dengan bahagia.

 

Ikuti “Talkshow Happiness” Arvan Pradiansyah setiap Jumat pagi jam 7-8 WIB di Radio Smart FM Network.

 

————————————–

Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional – Leadership & Happiness akan menuntun Anda menjadi orang yang selalu bahagia dengan memberdayakan 7 asupan makanan bergizi dengan kekuatan pikiran secara sistematis (seperti terangkum dalam buku “The 7 Laws of Happiness”).

Anda akan belajar memfokuskan pikiran positif secara berulang & menolak pikiran negatif masuk.

Pelatihan Happiness ini cocok untuk Anda secara pribadi, keluarga, ataupun anggota Tim Perusahaan yang ingin bangkit-kompak menghadapi musibah Pandemi ini dengan rasa bahagia. Jika Anda sebagai Menejer atau Pimpinan Perusahaan, maka pelatihan ini bisa menjadi energi pendobrak supaya pikiran Tim selalu positif untuk bekerja mencapai target.

 

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiratif – menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simpel – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & mengubah paradigma.

 

Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Happiness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi Pelatihan terkini “Cara Menikmati Hidup Bahagia” dari Motivator terbaik Indonesia (Arvan Pradiansyah), Anda bisa menghubungi Tim ILM pada Kontak WA berikut :  0812-12345-949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang