Cara Menciptakan Rasa Bahagia di Tempat Kerja

cara menciptakan rasa bahagia di tempat kerja

Orang yang bahagia akan lebih mudah meraih kesuksesan dibandingkan orang yang tidak bahagia. Salah satu kesuksesan yang ingin diraih banyak orang adalah sukses di tempat kerja.

Selama ini, peruahaan hanya menganggap bahwa kebahagian bisa terpenuhi jika kesuksesan bisa dicapai terlebih dulu. Jika target perusahaan tercapai, maka Tim Perusahaan baru akan merasa bahagia.

Padahal Paradigma tersebut sebenarnya keliru. Hasil penelitian Psikologi Positif menunjukkan bahwa kesuksesan bisa lebih mudah dicapai jika para pelakunya merasa bahagia lebih dulu.

Rasa bahagia akan menghasilkan hormon khusus di otak & zat kimia yang membuat kita merasa nyaman dalam bekerja. Namanya Hormon Dopamin & Hormon Serotonin.

Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter (senyawa otak) yang berkaitan dengan penghargaan diri, seperti motivasi.

Hormon ini turut memainkan peran terhadap suasana hati sehingga termasuk sebagai hormon kebahagiaan.

Selain memengaruhi kesenangan diri, dopamin juga berkontribusi dalam penalaran, daya ingat, proses pembelajaran, fungsi sistem motorik, dan lain-lain.

Serotonin mirip dengan dopamin, yang merupakan hormon sekaligus neurotransmitter dalam mengatur suasana hati.

Selain perihal mood, serotonin juga berperan dalam siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan bernalar, dan daya ingat.

Berkaitan dengan hormon di atas, hasil penelitian menunjukan bahwa rasa bahagia di tempat kerja akan menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.

Produktivitas kerja yang tinggi akan menghasilkan kesuksesan bagi karyawan, penjualan perusahaan meningkat, kerjasama tim semakin solid, kinerja yang lebih baik dalam hal memimpin, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Lebih dari 200 penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap 275.000 orang menghasilkan kesimpulan bahwa kebahagiaan mengarahkan kita kepada kesuksesan di hampir semua domain dalam kehidupan, salah satunya di dunia kerja.

Dengan penelitian yang sudah terbukti hasilnya tersebut, maka keberadaan happiness atau rasa bahagia sebagai sebuah ilmu tersendiri menjadi semakin signifikan.

Kesadaran akan hal ini tentu saja mengubah paradigma dan pola interaksi di dunia kerja.

Ada 3 Paradigma yang akan berubah di dunia kerja berkaitan dg Happiness :

*1. Akan terjadi perubahan paradigma mengenai kebahagian di dunia kerja.

Sebelumnya, kebahagiaan dianggap sebagai sesuatu yang terjadi dengan sendirinya. Bukankah kosa kata kita di dunia kerja adalah “kesuksesan”yang ditandai dengan prestasi & pencapaian kinerja?

Bukankah kebahagiaan selama ini telah sering kita abaikan karena anggapan bahwa hal itu akan terjadi dengan sendirinya setelah kita berhasil mencapai target?

Namun, dengan adanya perubahan paradigma ini, para pemimpin di kantor harus mulai mengusahakan terciptanya kebahagiaan dulu sebelum & selama bekerja.

*2. Perubahan paradigma kedua berkaitan dengan pandangan pemimpin terhadap kebahagiaan itu sendiri.

Sebelumnya, kebahagiaan sering dianggap kontraproduktif. Banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang bahagia sudah puas dan sudah merasa cukup dengan pencapaian mereka, sehingga bahagia justru akan membuat mereka jauh dari kesuksesan.

Namun, penelitian-penelitian di bidang Psikologi Positif mampu meruntuhkan pandangan-pandangan ini. Kebahagiaan dilihat sebagai sesuatu yang terkait erat dengan produktivitas & kinerja.

Bukankah penelitian-penelitian terbaru tersebut membuktikan bahwa orang yang bahagia memiliki kinerja dan tingkat produktivitas yang jauh lebih unggul daripada mereka yang netral dan tidak berbahagia?

Kalau demikian halnya, bukankah para pemimpin perusahaan seharusnya berusaha semaksimal mungkin & sekuat tenaga untuk membuat setiap karyawan di perusahaannya menjadi berbahagia?

*3.  Perubahan paradigma ketiga berkaitan dengan cara pemimpin memperlakukan bawahannya.

Jika sebelumnya pendekatan yang popular adalah stick and carrot, maka kini para pemimpin akan lebih hati-hati dalam berinteraksi dengan bawahannya.

Mereka akan memperlakukan anak buahnya secara lebih baik dan lebih manusiawi. Hanya dengan cara itulah rasa aman dan kebahagiaan semua karyawan dapat dipertahankan di tingkat yang lebih optimal.

Jika demikian halnya, maka kebahagiaan atau happiness sudah memiliki positioning yang penting sebagai sebuah alat utama (tool) untuk mencapai kesuksesan.

Rasa bahagia di tempat kerja harus diciptakan terlebih dahulu untuk menunjang produktivitas & kesuksesan dalam bekerja.

cara mendapatkan rasa bahagia di tempat kerja

Arvan Pradiansyah, Motivator Leadership & Happiness akan menuntun Anda menjadi orang yang selalu bahagia dengan memberdayakan 7 asupan makanan bergizi dengan kekuatan pikiran secara sistematis (seperti terangkum dalam bukunya “The 7 Laws of Happiness”).

Anda akan belajar memfokuskan pikiran positif secara berulang & menolak pikiran negatif supaya tidak masuk.

Pelatihan Happiness cara mendapatkan rasa bahagia di tempat kerja ini cocok untuk Anda secara pribadi, keluarga, ataupun anggota Tim Perusahaan yang ingin bangkit-kompak menghadapi musibah Pandemi ini dengan rasa bahagia.

Jika Anda sebagai Menejer atau Pimpinan Perusahaan, maka pelatihan ini bisa menjadi energi pendobrak supaya pikiran Tim selalu positif untuk bekerja mencapai target.

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiratif – menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simpel – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & merubah paradigma.

Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Happiness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi Pelatihan terkini lebih lanjut “Cara Meraih Rasa Bahagia & Kesuksesan di Tempat Kerja” dari Motivator terbaik Indonesia (Arvan Pradiansyah),

Anda bisa menghubungi Tim ILM pada Kontak WA berikut : 0812-1234-5949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang
Klik jadwal worksop