Merumuskan Manajemen Strategi Perusahaan Jangka Panjang

Managemen strategi perusahaan

Apa jadinya jika perusahaan tidak memiliki manajemen strategi? Ibarat pilot yang tidak punya navigasi, tentu perusahaan akan berputar-putar di situ-situ saja.

Kompetitor sudah melangkah jauh ke depan, sementara kita masih berada di titik yang sama. Inilah pentingnya memiliki sebuah manajemen strategi perusahaan untuk jangka pendek dan panjang, agar nakhoda alias CEO paham ke mana ia harus membawa gerbong perusahaan berjalan.

Apa itu manajemen strategi? Secara ringkas manajemen strategi adalah proses perencanaan untuk mendukung strategi dan tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan dengan menggunakan indikator-indikator tertentu dalam menghadapi lingkungan eksternal yang selalu berubah: perubahan pasar, peta kompetitor, inovasi dan lain-lain.

Hal ini sangat penting agar perusahaan cepat beradaptasi terhadap perubahan.

Arvan Pradiansyah merupakan seorang Motivator dan Konsultan Manajemen Strategi Perusahaan yang telah malang melintang 20 tahun lebih memberikan pelatihan kepada lebih dari 400 perusahaan, baik swasta maupun BUMN.

Workshop Managemen Strategi Perusahaan Oleh Bpk Arvan Pradiansyah

Apa saja materi-materi yang akan diberikan dalam workshop Arvan Pradiansyah?

  1. Merumuskan Strategi

Tidak semua yang duduk di jajaran Top Management bisa merumuskan strategi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tentu bukan karena faktor kapabilitas, melainkan terkait referensi studi kasus.

Sebuah strategi yang berhasil digunakan lima tahun lalu belum tentu berhasil jika dieksekusi pada situasi bisnis yang telah berubah saat ini.

Karena itu, untuk dapat merumuskan masalah dengan tepat manajemen perlu mengambil referensi dari kasus-kasus perusahaan lain.

Ini akan memperkaya wawasan dan pengalamannya. Di sinilah Anda perlu mempelajari bagaimana merancang manajemen strategi perusahaan dengan lebih dalam lagi dari seorang Motivator dan Konsultan yang berpengalaman seperti Arvan Pradiansyah.

  1. Alur Kerja Implementasi Strategi

Setelah strategi dirumuskan, langkah berikutnya adalah pada proses penerapannya. Banyak strategi yang bagus namun gagal di lapangan disebabkan kompetensi SDM yang menjalankannya, lemahnya pengawasan, dan tidak jelasnya indikator keberhasilan.

Dalam paparannya nanti, Arvan Pradiansyah akan berbagi metode tentang bagaimana menyusun alur kerja sehingga manajemen strategi perusahaan yang sudah disepakati bersama dapat berjalan dengan baik, terukur, terarah dan mencapai target.

  1. Evaluasi Strategi dan Monitoring

Bagaimana ukuran kesuksesan sebuah perencanaan strategi manajemen perusahaan? Ini yang harus dievaluasi setiap kurun waktu tertentu. Biasanya perusahaan melakukannya setiap tiga bulan (kuartal), jadi ada Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Adanya evaluasi ini penting sekali, setidaknya untuk dua hal, yaitu mendefinisikan ulang indikator keberhasilan serta meminimalisasi kegagalan di kuartal berikutnya.

Tanpa evaluasi, tidak akan ada kemajuan sama sekali. Untuk itu Anda nanti akan mempelajari bagaimana membuat sistem evaluasi yang efektif sehingga strategi yang sudah direncanakan dapat dieksekusi dengan lebih baik lagi.

Dari tiga langkah tersebut, yang paling krusial adalah tahapan awal yaitu merumuskan strategi. Dalam perumusan, dibutuhkan data-data yang komprehensif, lengkap dan mendalam sebelum membuat analisa.

Tahapan ini yang paling mempengaruhi dua tahapan berikutnya, sehingga jika kegagalan di tahap awal bisa sangat berdampak pada tahapan-tahapan berikutnya.

Tahapan awal ini juga yang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama karena di sini dibutuhkan pemikiran yang mendalam. Para decision makers harus benar-benar meluangkan waktu, pikiran dan tenaga yang lebih banyak pada tahap ini.

Dalam pelatihannya nanti, peserta tentu tidak hanya akan mendapatkan teori-teori saja namun juga akan dilatih untuk merumuskan manajemen strategi perusahaan dengan tepat.

Sebagaimana sebuah ketrampilan, seseorang akan mahir jika terus menerus berlatih dalam membuat strategi. Setelah menyelesaikan program ini, peserta khususnya para Top Management akan dapat merumuskan dan mengeksekusi strategi perusahaan dengan lebih efektif serta memiliki tingkat kegagalan hingga nol persen.


Workshop managemen strategi di perusahaan

Metode Pelatihan Leadership & Happiness Arvan Pradiansyah memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiratif – menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simpel – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & mengubah paradigma.

Topik Sesi Motivasi Leadership by Arvan Pradiansyah :

  1. YOU ARE A LEADER!
  2. Leadership 4.0
  3. Leading Millennials
  4. Character Building
  5. Leading Change
  6. Change Management
  7. Maximizing Your Performance
  8. Leaders Are Good Communicators
  9. On Becoming A Spiritual Leader
  10. Creating A Service Culture.

Topik Sesi Motivasi Happiness by Arvan Pradiansyah :

  1. Happiness at Work.
  2. Happiness 4.0.
  3. The Meaning of Work.
  4. I Love Monday.
  5. The 7 Laws of Happiness.
  6. Happiness for Salespeople.
  7. Selling with Love.
  8. Coaching with Happiness.
  9. Work Life Balance.
  10. You Are What You Contribute.

Untuk informasi Pelatihan Manajemen Perubahan Organisasi oleh Arvan Pradiansyah, Anda bisa menghubungi Tim ILM pada Kontak WA berikut : 0812-12345-949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang