Pentingnya Pelatihan Kepemimpinan bagi SDM Perusahaan

Pelatihan kepemimpinan

Jika Anda sedang mencari informasi tentang seberapa penting mengikuti Pelatihan Kepemimpinan, maka artikel ini bisa menjadi pencerahan yg membahagiakan & memunculkan harapan.

Kenapa Anda akan merasa bahagia?

Ya, karena pada dasarnya Anda sudah punya bekal untuk menjadi Pemimpin. You are a Leader…! Anda hanya perlu “membangunkan” potensi terpendam yang selama ini seolah-olah tertidur.

Tuhan sudah membekali Anda kemampuan untuk memimpin, minimal untuk memimpin diri sendiri sampai sukses.

Jika Anda sudah bisa memimpin diri sendiri sampai sukses, maka dapat dikatakan Anda punya bakat untuk bisa memimpin orang lain juga.

Tapi, apakah prosesnya berjalan sendiri tanpa perlu penggalian lebih dalam lagi tentang level kepemimpinan atau leadership Anda?

Apakah Anda sadar bahwa ada giant energy yang perlu “dibangunkan” dari dalam diri sendiri agar potensi leadership Anda bersinar & bermanfaat bagi orang lain?

Pelatihan Kepemimpinan untuk Membangkitkan Potensi Terpendam Anda

Anda sangat perlu mengenal sudah sampai level mana kemampuan leadership Anda ketika memimpin diri sendiri.

Indikator utama yg bisa Anda jadikan petunjuk adalah KEMAMPUAN MEMILIH dalam merespon segala peristiwa…Ya, Anda harus punya kemampuan memilih & bertanggung jawab atas konsekuensi pilihan yg sudah diambil.

Ketika Anda sudah bisa menentukan pilihan (choice), maka saat itu juga Anda sudah pegang kendali. Jika sudah memegang kendali, berarti Anda sudah jadi seorang Pemimpin – You are a Leader…!

Tampaknya proses menentukan pilihan itu sederhana. Namun, menemukan kekuatan “pilihan” barulah merupakan langkah awal untuk menjadi seorang pemimpin.

Langkah berikutnya adalah menyadari bahwa setiap pilihan yg Anda ambil senantiasa memiliki “konsekuensi” yang sayangnya tidak dapat Anda atur.

Konsekuensi ini diatur oleh sesuatu yg berada di luar kita, yaitu hukum alam atau sunnatullah.

Leadership atau Kepemimpinan pada hakikatnya adalah mengambil pilihan & konsekuensinya sekaligus. Ibarat dua sisi mata uang, keduanya berada dalam satu paket yg tidak bisa dipisahkan.

Sikap menerima konsekuensi inilah yang disebut sebagai tanggung jawab (responsibility). Inilah hakikat kepemimpinan yang sebenarnya.

  • Kepemimpinan sama sekali tidak ditentukan oleh faktor-faktor eksternal seperti yg biasa ada dalam dunia politik. Ini kabar gembira buat Anda yg sedang mencari info Pelatihan Kepemimpinan dengan memberdayakan potensi pada diri sendiri.
  • Anda tinggal ikuti guidance dari seorang Motivator Leadership & Happiness yg sudah berpengalaman melayani lebih dari 400 perusahaan di Indonesia (selama 23 tahun lebih).

Arvan Pradiansyah, Motivator Leadership & Happiness akan menuntun Anda dalam sebuah Pelatihan Kepemimpinan yang fun, enerjik, dan menarik.

Anda akan dituntun untuk menempuh perjalanan ke dalam diri sendiri guna menumbuhkan kekuatan pilihan & rasa tanggung jawab. Kesemuanya ini didasarkan pada pemahaman yang benar terhadap hukum alam dari sebuah pilihan.

Metode Pelatihan Kepemimpinan nya memiliki 4 ciri khas :

  • Inspiratif – menyentuh hati & mendorong tindakan.
  • Simpel – mudah dipahami & down to earth.
  • Spiritual – berpusat pada Tuhan, menemukan makna & hakikat kehidupan.
  • Thought Provoking – memprovokasi pikiran & merubah paradigma.

Pemimpin itu bukanlah orang lain, tetapi pemimpin itu adalah diri Anda sendiri. Dengan mengatakan seperti itu, akan tumbuhlah rasa tanggung jawab dalam diri sendiri.

Dan ketika orang-orang dalam suatu organisasi bertanggung jawab pada diri sendiri, maka semua orang akan berupaya untuk mencari solusi, bukan sekedar menyampaikan masalah.

Sikap inilah yang perlu diciptakan dalam setiap organisasi atau perusahaan. Ini sangat penting disadarkan pada semua SDM pada perusahaan tsb.

Kalau semua orang bertanggung jawab, tidak menyalahkan orang lain, serta berorientasi pada tindakan, maka berbagai permasalahan dalam organisasi/perusahaan akan lebih cepat teratasi.

Ini karena mereka tidak menghabiskan banyak energi untuk saling menyalahkan, tetapi memusatkan energi pada penyelesaian masalah.

Lantas, bagaimana menciptakan orang-orang yang bertanggung jawab dalam organisasi atau perusahaan?

Pelatihan Kepemimpinan dengan Program “You Are A Leader” akan membantu Anda menciptakan hal ini.

  • Arvan Pradiansyah, Motivator Leadership & Happiness akan membimbing Anda step by step membangunkan potensi leadership terpendam yang ada pada diri sendiri.

Dengan menyadari bahwa setiap SDM Perusahaan adalah pemimpin bagi diri sendiri, maka semua anggota Tim akan berusaha mencari solusi dari setiap masalah pada divisi kerja masing-masing.

Tidak memandang setinggi apa pun jabatannya, baik karyawan biasa, cleaning service, customer support, tim marketing, supervisor, hingga level manager ke atas, semua akan merasa bertanggung jawab atas apa yg dipimpinnya…!

Pelatihan Kepemimpinan akan menjelaskan 4 dimensi yang ada pada diri manusia :

  1. Dimensi fisik.
  2. Dimensi Emosional.
  3. Dimensi Mental.
  4. Dimensi Spiritual.

Tiga dimensi yg bisa didekati dengan kepemimpinan atau leadership adalah : dimensi emosional, dimensi mental, dan dimensi spiritual.

Dengan pendekatan kepemimpinan tsb, maka akan menghasilkan sikap-sikap positif pada diri manusia sebagai berikut :

  1. Kejujuran (honesty).
  2. Integritas (integrity).
  3. Kepercayaan (trust).
  4. Komitmen (commitment).
  5. Tanggung jawab (responsibility).
  6. Kematangan (maturity).
  7. Kebersamaan (togetherness).
  8. Motivasi (motivation).
  9. Pemberdayaan (empowerment).
  10. Rasa memiliki (sense of belonging-sense of ownership).
  11. Dan lain-lain.

Pelatihan Kepemimpinan “You are a Leader!” akan mengantarkan Anda meraih Kepemimpinan sejati.

Andalah sang Pemimpin itu..! Pernyataan sederhana ini sekaligus merupakan jawaban atas tiga pertanyaan penting dalam hidup ini :

Siapa Saya?

Mengapa Saya ada di sini?

Untuk apa Saya hidup?

Yang perlu dilakukan untuk Menumbuhkan Kepemimpinan

Kepemimpinan berawal dari kemampuan mengatur diri sendiri. Kepemimpinan adalah prilaku sehari-hari.

Dalam kaitannya dengan dunia kerja, kepemimpinan berarti bagaimana Anda bisa mengatur diri sendiri supaya bisa bekerja sesuai target perusahaan.

Anda tidak perlu menunggu perintah atasan untuk bisa menghasilkan karya terbaik. Anda pun tidak menunggu dipuji oleh atasan jika ternyata Anda mampu bekerja lebih tinggi dari target perusahaan.

Pokoknya prilaku Anda keseharian adalah baik semua. Tanpa menunggu dipuji atasan, Anda menyadari bahwa setiap kebaikan akan kembali pada diri Anda sendiri.

Bahwa nasib Anda ditentukan pada tindakan Anda sendiri.

Ada 3 Hal yg perlu dilakukan untuk menumbuhkan Kepemimpinan :

  • Menyadari bahwa nasib berada di tangan Anda sendiri. Andalah Sutradara Kehidupan Anda sendiri. Tuhan tidak akan mengubah nasib Anda apabila Anda sendiri tidak berusaha untuk mengubahnya.
  • Sebagai Sutradara, Anda harus menuliskan skenario hidup Anda sendiri. Andalah orang yang paling tahu hal-hal penting dan tidak penting dalam hidup Anda. Andalah yg memutuskan nilai-nilai yang akan dijalani dalam hidup.
  • Anda harus menjalankan skenario tersebut. Untuk itu, Anda hanya akan melakukan hal-hal penting yang sudah diputuskan menjadi nilai-nilai hidup Anda. Anda seolah punya pegangan hidup yg kokoh dalam berpikir, berkata, maupun bertindak. Apa yang Anda pikirkan, ucapkan, maupun tindakan sehari-hari akan mencerminkan nilai-nilai hidup yang sedang Anda tuju.

Dengan melakukan ketiga hal di atas, Anda akan mampu & mudah memimpin diri sendiri. Memimpin diri sendiri adalah langkah strategis sebelum memimpin orang lain.

“Memimpin diri sendiri adalah prasyarat untuk bisa memimpin orang lain”.

Dalam Pelatihan Kepemimpinan by Arvan Pradiansyah ini, Anda akan dibimbing bagaimana bisa melejitkan potensi kepemimpinan pada diri sendiri sebelum memimpin orang lain.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Tim Kami pada Kontak WA berikut : 0812-1234-5949

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami Sekarang